Saturday, February 2, 2008

Ayat-Ayat Riba Al-Baqarah 275-281

ٓالََّذِ يْنَ يَأكُـلُوْنَ الرِّ بَوا لاَ يَقُوْمُوْنَ إِلاَّ كَمَـا يَقُـوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّتُهُ الشَّـيْطَانُ مِنَ المَسِّ ۗ ذ لِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوْاإِنَّمَاالبَيْعُ مِثْلُ الـرِّبَوا وأَحَلَّ اللهُ البَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبواۗفَمَنْ جآءَهُ مَوْعِظَة ٌمِنْ رَّبِّهِ فَانْتَهَىفَلَهُ مَاسَلَفَۗوَأَمْرُهُ إِلىَ اللهِۗوَمَنْ عَادَ فأوْلئـك أَصْحَابُ النَّارِۗهُمْ فِيْهَاخَالِدُوْنَ(٢٧٥)يَمْحَقُ اللهُ الرِّبَوا وَيُرْبـِى الصَّدَقـَاتِ*واللهُ لاَ يُحِبُّ كُلَّ كَـفـَّارٍ أَثِيْمٍ(٢٧٦)
إِنَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوْا الصَّـالِحَاتِ وَ أَقَامُواالصَّـلآةَ وآتُواالزَّكَـاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ*وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُوْنَ(٢٧٧)
ياَيُّهَاالَّذِيْنَ أمَنُوْااتَّقُوْاللهَ وَذَرُوْامَابَقِيَ مِنَ الرِّبَوْاإِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِيْنَ(٢٧٨)
فَاِنْ لَمْ تَفْعَلُوْافَأذَنُوْابِحَرْبٍ مِنَ اللهِ وَرَسُوْلِهِۚ وَاِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوْسُ
اَمْوَالِكُمْۚ لاَتَظْلِمُوْنَ وَلاَتُظْلَمُوْنَ(٢٧٩) وَاِنْ كَانَ ذُوْعُسْرَةٍ
فَنَظِرَةٌاِلَىمَيْسَرَةٍۗ َََََوَاَنْ تَصَدَّقُوْاخَيْرٌلَكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ(٢٨٠)
وَاتَّقُوْايَوْمًاتُرْجَعُوْنَ فِيْهِ اِلَىاللهِۗ ثُمَّ تُوَفَّىكُلُ نَفْسٍ مَّاكَسَبَتْ وَهُمْ
لاَيُظْلَمُوْنَ(٢٨١)


275. Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barang siapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barang siapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal didalamnya. 276. Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.
277. Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala disisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.
278. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. 279. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rosul-Nya akan memerangimu. Dan jika bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak tidak (pula) dianiaya (dirugikan). 280. Dan jika (orang berutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian untuk semua utang) itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. 281. Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadapa apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun.

No comments: